100 Contoh Berbalas Pantun 2 orang 4 Bait Berbagai Tema Terlengkap

By | 2022-12-29

berbalas-pantun-2-orang-4-bait

Berbalas Pantun 2 orang 4 Bait – Sebagai salah satu jenis puisi lama khas asli Indonesia, Pantun merupakan jenis karya sastra yang hingga sekarang masih sering digunakan dalam setiap kegiatan. Dalam acara formal atau informal, bahkan sekarang dalam lirik lagu pun kita bisa menjumpai pantun dalam setiap liriknya.

Sebagai salah satu bentuk komunikasi yang dilakukan oleh orang pada jaman dahulu, bahkan hingga sekarang pun. Pantun dimaksudkan untuk memberikan pesan melalui kata sampiran yang menarik sehingga pembaca pantun dapat menerima isi dari pantun tersebut.

Nah biasanya, teman semua pasti pernah melihat dalam acara, biasanya kebanyakan dalam acara adat istiadat seperti dalam pernikahan biasanya. Pasti kita menjumpai adanya  tradisi pantun. Namun biasanya pantun tersebut akan mendapatkan tanggapan yang disampaikan dalam bentuk pantun juga. Hal tersebut biasa disebut dengan berbalas pantun.

Baca Juga : Contoh Pantun Pendidikan

Berbalas Pantun

Contoh Berbalas Pantun 2 orang 4 Bait – Berbalas pantun adalah kegiatan membaca pantun secara bergantian. pada dasarnya kita hanya bermain dalam percakapan dengan pantun secara berbalasan. Ada satu orang atau kelompok dalam melontarkan pantun tersebutBerbalas pantun dapat teman-teman lakukan dimana saja. Disekolah, di rumah, atau saat berkunjung ke rumah seseorang. ataupun dalam percakapan sehari-hari. Dahulu, berbalas pantun digunakan untuk berkomunikasi dan mengungkapkan isi hati. Misalnya orang tua yang ingin memberikan nasihat kepada anaknya dengan pantun.

Acara pernikahan biasanya pihak pengantin wanita ketika hendak menyerahkan anaknya biasanya akan menggunakan pantun. Dan pihak laki-laki tersebut akan membalasnya dengan pantun juga. Bahkan, dalam musyawarah sekalipun juga menggunakan acara berbalas pantun untuk berdebat.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Berbalas Pantun

Berbalas pantun tidak boleh asal-asalan apa lagi sembarangan. Tidak semua pantun dapat digunakan untuk mebalas pantun. Pantun balasan harus memenuhi aturan-aturan tertentu. Aturan tersebut adalah sebagai berikut:

  • Berisi jawaban dari pantun yang dilontarkan
  • Sampiran pantun balasan dapat dibuat sendiir. Dapat juga mengambil sampiran pantun yang dilontarkan.
  • Isi pantun jawaban dapat mengambil salah satu isi pantun yang dilontarkan. Bisa juga membuatnya sendiri.

Nah setelah mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan untuk berbalas pantun apakah kamu sudah siap ingin membuatnya? Atau masih terasa bingung?. Nah berikut ini  sipantun akan berikan 50 contoh berbalas pantun 2 orang 4 bait yang di ambil dari berbagai tema yang bisa jadi sumber inspirasi kamu dalam membuat pantun berbalas. Yuk simak contohnya.

Berbalas Pantun 2 Orang 4 Bait – Contoh Berbalas Pantun Jenaka

Minum jamu dirumah paklek,

 Rumah paklek di Surabaya.

Eh kamu udah jelek,

Jangan kebanyakan gaya

Balasan:

Sibaju merah matanya melek

Sibaju hijau minum cuka.

Biarlah muka gue jelek,

Yang penting banyak yang suka.

 

 

 

Buah jambu warnanya putih,

Enak dimakan bersama ganu.

Hei kamu memang putih

Tapi sayang putih karna panu.

 

Balasan:

Anak sekolah Namanya ganu,

Mesin ketam terikat tali

Biarlah putih karna panu

Daripada hitam kayak kuali

Minum the diatas genteng,

Tidak lupa pake bedak.

Eh kamu jangan sok ganteng,

Muka lu kayak ketombe landak.

 

Balasan: 

Enak rasanya buah cempedak,

Buahnya jatuh jadi penyet.

Biarlah mirip ketombe landak,

Daripada mirip ingus monyet.

 

 

Menjamu tamu memakai nampan
Tamu dijamu kue putu
Apa guna berparas tampan
Kalau lupa shalat lima waktu

Balasan:

Sebelum pergi jangan lupa makan
Agar hari tidak penuh gundah
Terimakasih telah diingatkan
Tak akan lupa waktu ibadah

Panca indara salah satunya ludah
lidah pendek kepala bundar
Masih mudah tekun ibadah
Untuk menuju jalan yang benar

Balasan:

Ada singa mengejar macan
Keduanya akhirnya berkelahi
Jalan benar adalah tujuan
Untuk dapat ridho ILLAHI

Berbalas Pantun 2 Orang 4 Bait – Contoh Berbalas Pantun Nasehat

Pantun nasihat merupakan salah satu pantun yang digunakan untuk menasihati seseorang.

Jalan-jalan di rawa-rawa,

Dirawa-rawa terdapat tomat.

Ingatlah nasihat orang tua,

Agar hidup senantiasa selamat

 

Balasan:

Dirawa-rawa banyak batu

Ada batu diatas lengan.

Nasihat orang tua nomor Satu,

Selalu dijadikan pegangan.

 

 

Beli belau beli cincin,

Belinya di Surabaya.

Eh kamu udah miskin

Jangan kebanyakan gaya

Balasan:

Sungguh merah sibatu cincin

Warnanya merah indah merekah

Biarlah disebut miskin

Yang penting rajin sedekah

 

 

menari sendiri terasa dingin,

bisa bergembira bersama dia.

Mari kawan kita berdisiplin,

Dengan disiplin kita bahagia.

Balasan:

Banyak peluh tidak ada angin,

Bau badan jadi bertelungkup.

Jangan suruh orang berdisiplin,

Kalau kamu sendiri belum sanggup

 

 

Petani hilang karena semangka,

Jerami dipilin seperti bulu.

Aduh kawan jangan berburuk sangka,

Saya sudah berdisiplin sejak dulu.

 

Balasan:

Jalan-jalan mencari angin,

Kalau disuruh semua mau.

Mana buktinya sudah berdisiplin,

Bangun pagi saja kamu tak mau.

 

 

Berlayar seminggu mengelilingi pulau,

Jangan biarkan nahkoda pergi.

Siapa bilang aku takmau,

Tiap pagi aku bangun pagi.

 

Balasan:

Ke toko besi membeli jangkar,

Mampir ke pasar membeli kemiri

Sudah kita jangan bertengkar,

Lebih baik lihat diri sendiri.

Berbalas Pantun 2orang 4 Bait – Contoh Berbalas Pantun Cinta Romantis

berbalas-pantun-2-orang-4-bait

Pantun cinta merupakan pantun yang digunakan untuk merayu seseorang dengan kata-kata yang romantis.

Ke Jakarta naik pesawat

Pesawatnya ada empat

Kalau cinta sudah melekat

Tai kucing terasa coklat

 

 

Balasan:

Buah sukun disambar kilat

Disambarnya malah gak kenak

Walaupun tai rasa coklat

Tetap aja rasanya gak enak

 

 

 

Jakan raya sudah rata

Tapi banyak kendaraan

Wahai gadis cantik jelita

Bolehkah kita berkenalan

 

 

Balasan:

Puteri cantik putri raja

Sangat suka buah papaya

Berkenalan boleh saja

Gina hayana nama saya.

 

 

Puteri raja bermata lentik

Sangat lucu dilihatnya

Kamu memang gadis cantik

Sudahkah kamu ada yang punya?

 

 

 

Balasan:

Kalau lucu dilihatnya

Jangan kamu berkedip mata

Tentu saja ada yang punya

Yang punya ayah dan bunda

 

 

Jalan-jalan ke belanda

Foto selfie sambil bergaya

Mendengar jawaban adinda

Sungguh senang hati saya

 

 

 

Balasan:

Serat kapas dibuat benang

Pisahkan kapas darri bijinya

Hidup memang harus senang

Hati tentram jiwa bahagia

 

 

Mata terpejam hati terlena

Dibawa tidur aduh nikmatnya

Bidadari darimana?

Aku belum pernah melihatnya

 

 

 

Balasan:

Garam dan asam sudah bertemu

Di kuali bukan di permata

Bidadarinya adalah kamu

Membuat hatiku jatuh cinta

 

 

Pempek campur cuka

Simpan di kulkas jadi beku

Kalau memang kamu suka

Datang saja ke rumahku

 

 

Balasan:

Pahit sekali rasanya jamu

Walau pahit banyak khasiatnya

Ingin rasanya ke rumahmu

Tapi bapakmu aduh galaknya

 

 

Sakit memang menginjak paku

Kalau sakit minumlah susu

Jangan takut sama bapakku

Kasih saja satu box Dji Sam su

 

Balasan:

Kolam kecil banyak ikan

Di pinggirnya ada rotan

Bukannya aku tak mau belikan

Dji sam su itu merusak Kesehatan

 

 

Duduk di kelas jadi bosan

Mata melirik hati menerawang

Jangan kamu banyak alasan

Ngomong saja kamu tak ada uang!

 

Balasan:

Badan letih tubuh lesu

Lebih baik banyak makan

Jangankan satu box Dji sam su

Istanapun akan kuberikan

 

 

Orang bula rambutnya pirang

Jatuh ke sungai tak bisa renang

Cowok seperti kamu jarang-jarang

Datanglah ke rumah untuk meminang

 

Balasan:

Sungguh tinggi si pohon pinang

Tempat bersarang burung pelican

Aku memang hendak meminang

Sekarang mas kawin sedang kupikirkan

 

Jangan ganggu burung pelican

Lebih indah burung bayan

Mas kawin jangan dipikirkan

Cukup sepiring nasi satu truk berlian.

 

Balasan:

Memang indah burung bayan

Di tangkap oleh nelayan

Kalau satu truk berlian

Kerja 100 tahunpun tak kesampaian

Berbalas Pantun 2 orang 4 Bait –  Pantun Muda – Mudi

Dari hulu menuju kanal

Jangan lagi balik kehulu

Maunya sih kepingin kenal

Apalah daya hati malu  

 

Balasan:

Pergi kepasar membeli sandal  

jangan lupa membawa doku

kalau memang kepingin kenal

katakan saja tak usah malu

 

 

kalau cerdik cobalah terka

gulalah tebu mabis rasanya

wahai adik cantik jelita  

bolehkah abang tahu namanya?

Balasan:

Gali lubang buat petakan

Buatlah lubang di dekat rawa

Kalau abang mau kenalan

Datanglah abang di rumah saya

 

 

Kain kebaya dipakai si janpang

Bekal satu Cuma buat dirinya

Main kerumah itu gampang

Asal tahu nama dan alamatnya

 

Balasan:

Pepaya padat penuh berisi

Kalu dimakan enak rasanya  

Nama dan alamat sudah kuberi

Janganlah lupa kunjunganya

Berbalas Pantun 2 orang 4 bait – Pantun Nasionalisme

Jalan-jalan membawa bungkusan,

Berisi makanan aneka rasa.

Ayo, kawan bergandeng tangan,

Bersatu membangun nusa dan bangsa.

 

Balasan:

Membeli makanan aneka rasa,

Makanan dibawa dengan bungkusan.

Bersatu membangun nusa dan bangsa,

Jangan lupa lestarikan kebudayaan.

 

Lukisan indah ada di dinding,

Dalam lukisan ada kemumu.

Melestarikan budaya sangatlah penting,

Karena budaya sumber ilmu.

 

Balasan:

Sudah lama tidak bertemu,

Sekali bertemu di jalan raya.

Bukan hanya sumber ilmu,

Tetapi budaya membuat kaya

Contoh Berbalas Pantun 2 orang 4 Bait – Perkenalan dan Cinta

Dari hulu menuju kanal
Jangan lagi balik ke hulu
Maunya sih kepingin kenal
Apalah daya hati malu

Balasan:
Pergi Ke pasar membeli sendal
Jangan lupa membawa doku
kalau memang kepingin kenal
katakan saja tak usah malu

kalau cerdik cobala terka
gulalah tebu manis rasanya
wahai adik cantik jelita
bolehkah abang tahu namanya

Balasan:
gali lubang buat petakan
buatlah lubang di dekat rawa
kalau abang mau kenalan
datanglah abang ke rumah saya

pepaya padat penuh berisi
kalau dimakan enak rasanya
nama dan alamat sudah kuberi
janganlah lupa kunjungannya

Balasan:
kalau ada sumur diladang
ladang pasti akan dijarah
kalau ada umur yang panjang
Abang pasti main ke rumah

Pucuk mentimun bersih sendiri
Tunggu matang akan terasa renyah
Duduk melamun bersedih hati
menunggu abang datang ke rumah

Balasan:
Ujunglah badik setajam duri
Diasahnya menjelang petang
janganlah adik bersedih hati
karena abang telah datang

Contoh Berbalas Pantun 2 orang 4 Bait

Nasi uduk masak digarang
Dimakan dengan sambal terasi
Hati adik mendadak senang
Karena abang tepati janji

Balasan:
Diambang petang makan nasi
makannya pakai wajan
Tak mungkin abang ingkari janji
Pada adik gadis pujaan

Begadang makannya wajik
hisap juga rokok cerutu
kalau abang cinta adik
katakan saja i love you

Balasan:
Cinta itu ikatan hati
jangan dibuat semaunya
mari kita mengikat janji
untuk bersama selamanya

Pohon randu tumbuh di kota
Taman kota pun jadi terhiasi
rindu di dada tiada terkira
karena menanti pujaan hati

Balasan:
terbang burung menuju kandung
karena perut sudah terisi
abang jadi tak berani datang
karena bapakmu galak sekali

saat petang cahaya pun meremang
waktu itu dikatakan senja
kalau abang benar-benar sayang
kenapa takut pada calon mertua

Balasan:
buku juga dinamakan pustaka
butuh uang janganlah mencuri
bukannya abang takut mertua
tapi abang tidak mau dimaki

Kena paku ban harus ditambal
jangan sampai dibawa jalan
walau ayahku berkumis tebal
tapi ayahku bukanlah macan

Balasan:
buah bacang bukan pepayah
nanas bersisik bukan berduri
kalau abang boleh bertanya
apakah adik masih sendiri?

Contoh Berbalas Pantun 2 orang 4 Bait

Berlayar kita naik perahu
layar terkembang di udara
kalau boleh adik tahu
apa maksud abang bertanya?

Balasan:
jangan dimakan nasi basi
karena itu sudah terkena hama
kalau adik masih sendiri
bolehkah abang jalan bersama

menari harus dengan irama
tapi jangan seorang diri
boleh saja jalan bersama
asal jangan mencuri hati

Balasan:
Menjangan bukanlah rusa
kalau dikejar akan berlari
kalau memang ada rasa
apa tak boleh jatuh hati

Menulis pakailah tinta
janganlah memakai gincu
apa benar abang cinta
atau abang cuma merayu

Balasan:
Bedak pupur dibuat dari sagu
untuk menghias wajah sendiri
wahai adik janganlah ragu
abang cinta setengah mati

untuk melihat pakailah mata
untuk merasa pakailah hati
kalau abang benar cinta
bisakah adik minta bukti

Balasan:
buku hitam tertumpah tinta
kalau rusak segera benahi
bukti apa yang adik pinta
abang akan coba penuhi

ada sepatu memakai pita
sekalian saja pakaikan dasi
hanya satu yang adik pinta
cintailah adik sepenuh hati

Balasan:
mau bercermin pakailah kaca
agar bisa menghias diri
kalai itu yang adik pinta
abang janji akan memenuhi

Contoh Berbalas Pantun 2 orang 4 Bait

memasak kacang memakai panci
biarkan api menyala dengan rata
jangan gampang mengucap janji
kalau akhirnya tak ada yang nyata

Balasan:
Suasana terang pasti ada cahaya
untuk apa nyalakan api
kalaulah adik tak percaya
belahlah saja dadaku ini

Jangan diambil ada yang punya
lebih baik beli saja sendiri
baiklah abang adik percaya
tapi jangan abang sakit hati

memasak harus pakai minyak
minyak di dapat harus dibeli
makan tak enak tidur tak nyenyak
itulah orang sedang jatuh hati

Balasan:
kayu terbakar namanya arang
dibakarnya agak lama
badan gemetar bagai meriang
saat kita mau apel pertama

pergi ke pasar beli sepatu
carilah sepatu yang pakai tali
hati gelisah tiada menentu
menunggu jawaban si jantung hati

Balasan:
sungguh manis rasanya gula
jangan dimakan dengan beras
bersorak bagai orang gila
ketika cinta telah terbalas

datang fajar menjelang pagi
sungguh indah panorama
tiada gariah untuk hidup lagi
ketika cinta tidak diterima

Balasan:
Berkelip lampu si kunang-kunang
terlihat jelas dimalam hari
Hati siapa yang tak akan senang
kalau ketemu si jantung hati

Nasi uduk jangan pakai merica
tapi pakailah sambal terasi
sibuk sendiri merangkai kata-kata
demi menyurati pujaan hati

Balasan:
kalau mau baca buku
bacalah dari lini perlini
bila adik juga cinta padaku
tolonglah balas surat ini

Contoh Berbalas Pantun 2 orang 4 Bait

ke sekolah masuk ke kelas
pada guru memberi hormat
kalau cinta tidak terbalas
dunia rasanya mau kiamat

Balasan:
bernyanyi menghibur lara
menari pakailah tali
rindu hati tiada terkira
menunggu si jantung hati

melajulah perahu ke perbatasan
bersama dengan nahkodanya
tuntutlah ilmu janganlah bosan
karena ilmu banyak gunannya

Balasan:
berlayar jin menuju barat
pagi tiba mencari belanga
belajar rajin memang berat
tapi nanti kita akan bahagia

haji berkumis pakai sandal
jalannya agak malas-malas
hati menangis penuh sesal
karena tidak naik kelas

Balasan:
kalau berburu pergilah ke hutan
disana banyaklah hewannya
janganlah kita bermalas-malasan
karena itu tak ada gunanya

Manis memang gula aren
tapi kadang agak pahit
buat apa tampang keren
kalau otaknya tulalit

bila mana induk berbesan
toleh dulu yang rupawan
wahai nona cantik rupawan
bolehkah kita berkenalan

Balasan:
udara dingin tak pakai baju
bakarlah api dengan papan
kalau ingin kenal denganku
bicaralah dengan yang sopan

Kalau ingin kita bertemu
tunggulah aku di perempatan
mana mungkin aku cinta kamu
kalau kamu sombongnya kelewatan

Contoh Berbalas Pantun 2 orang 4 Bait – bagaimana? Berbalas pantun itu mudah dan menyenangkan kan?. Demikian 50 contoh berbalas pantun 2 orang 4 bait. Semoga dapat memberikan penambahan wawasan ketika kamu ingin melakukan berbalas pantun dengan orang lain. Mari kita lestarikan pantun sebagai warisan budaya sastra asli Indonesia.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *